Perdagangan Antarnegara dengan Barter

Perdagangan Antarnegara dengan Barter

Anting Batu ABB02Perdagangan dengan barter telah dilakukan manusia sejak zaman dahulu, yaitu ketika belum ada alat tukar berupa uang. Barter adalah pertukaran barang dengan barang yang dibutuhkan oleh kedua pihak. Saat ini, barter masih diterapkan dalam pertukaran antarnegara. Mengapa kedua negara melakukan barter? Ada beberapa alasan, misalnya terjadi kelebihan produksi, kelangkaan mata uang asing, dan untuk meningkatkan kerja sama dua negara. Barter dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan barter langsung, barter alih, dan imbal beli.

Yang dimaksud dengan barter langsung adalah sistem pertukaran barang dengan barang secara langsung. Misalnya, Indonesia mengirimkan karet seharga lima ribu dolar dan Cina mengirimkan mesin dengan nilai yang sama. Apabila salah satu negara yang melakukan barter tidak bisa memanfaatkan sendiri barang hasil pertukaran, negara tersebut dapat mengalihkan barang ke negara lain. Barter ini disebut barter alih.

Bentuk barter lainnya adalah imbal beli. Imbal beli merupakan persetujuan untuk saling membeli barang/jasa yang dibutuhkan. Pemasok barang/jasa menerima sebagian atau seluruh pembayaran dalam bentuk barang/jasa lain. Misalnya, Indonesia yang ingin menjual kopra ke Brasil harus pula membeli suatu barang produksi Brasil.

dari Buku Sekolah
Terima kasih Pada: Okrek.comMartapura.Duwur.comBatik TulisDutapulsaMillo Shop
0 komentar


YANG TERKAIT

Kurir Gresik | # - # | Memberikan layanan Kurir Dalam Kota yang murah, mudah, praktis dan amanah

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, FamaGrosir, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO,